Organisasi

LATAR BELAKANG

ASOSIASI TENAGA TEKNIK INDONESIA (ASTTI) merupakan wadah tempat berhimpunannya tenaga teknik yang terdiri dari Tenaga Ahli dan Tenaga Terampil di Bidang Konstruksi yang didirikan pada tanggal 31 Oktober 2003berdasarkan  Akte Pendirian Nomor 56 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Pada mulanya ASTTI didirikan menyambut pemberlakuan UU No. 18 Tahun 1999 Tentang Jasa Konstruksi, dimana didalamnya mengatur bahwa Pekerjaan Konstruksi harus dilaksanakan oleh tenaga Kerja yang kompeten di bidangnya. Kemudian diatur lebih lanjut dalam PP 28 tahun 2000 tentang usaha dan peran serta masyarakat jasa konstruksi, peraturan pemerintah nomor 29 tahun 2000 tentang penyelenggaraan jasa konstruksi, dan peraturan pemerintah nomor 30 tahun 2000 tentang penyelenggaraan pembinaan jasa konstruksi, maka pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia dibidang jasa konstruksi dapat ditingkatkan dan diarahkan menurut ke-khasan bidang/lingkup kompetensi keahliannya.

TUJUAN

Didorong oleh keinginan yang luhur untuk menghimpun, membina dan mengembangkan potensi dan daya kreasi daripada segenap Tenaga Teknik Indonesia dalam rangka mewujudkan tatanan masyarakat yang adil dan makmur didalam wadah negara kesatuan republik Indonesia, maka didirikan ASTTI dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Menghimpun Pelaku Usaha Jasa Konstruksi, Tenaga Teknik Jasa Konstruksi, baik Tenaga Ahli maupun Tenaga Terampil di Indonesia ke dalam satu wadah yang representatif.
  2.  Menggali, membina dan mengembangkan/menyalurkan potensi dan kreativitas sesuai kemampuan dan minat yang dimiliki anggota, selaku insan profesional, sebagai bagian dari masyarakat Jasa           Konstruksi Nasional.
  3. Membangun dan mengembangkan tertib hukum dan iklim profesi yang sehat sebagai usaha untuk menuju pengelolaan institusi yang bersih dan akuntabel  (good governance) serta berkelanjutan           (sustainable).
  4. Mewujudkan rasa kesetiakawanan di antara sesama anggota dengan menjauhkan diri dari persaingan yang tidak sehat dan praktik monopoli dalam menjalankan profesinya.
  5. Mewujudkan pelaksana konstruksi yang berbudaya, handal dan tanggap terhadap kemajuan dan bertanggung jawab dalam pengabdian profesinya dengan menjunjung tinggi norma dan etika yang ada.
  6. Mengadakan kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan (stake holder) di bidang Jasa Konstruksi, baik di dalam maupun luar negeri.
  7. Memberi informasi di bidang Jasa Konstruksi untuk kepentingan anggota dalam usaha mengembangkan dan meningkatkan profesinya.
  8. Membina para anggotanya agar berkepribadian dan berbudi luhur dengan mentaati Kode Etik dan Kode Tata Laku Profesi ASTTI serta meningkatkan rasa tanggung jawab di dalam menjalankan profesi.

 

VISI

           “Membangun Manusia Pembangunan”

 

MISI

  • Membina dan mengembangkan potensi dan daya kreasi anggota
  • Menyalurkan aspirasi anggota
  • Melindungi kepentingan anggota
  • Memajukan masyarakat Jasa Konstruksi Indonesia

    

 

ORGANISASI

Kepengurusan Organisasi ASTTI terdiri dari kepengurusan di PUSAT hingga DAERAH tingkat propinsi, masing-masing disebut Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Provinsi. DPD ASTTI sudah ada di 34 provinsi di Indonesia yang berdomisili di ibu kota provinsi masing-masing, untuk menjangkau anggota yang berada di Kota/Kabupaten  maka masing-masing DPD membentuk Koordinator Wilayah (Korwil).

 

KEANGGOTAAN

PROGRAM DAN LAYANAN ANGGOTA

  • Pendidikan dan Pelatihan berbasis kompetensi
  • Pembekalan Uji Kompetensi

       Sertifikasi Tenaga Ahli / Terampil (Verifikasi dan Validasi Awal)

 

Lokasi

KANTOR PUSAT
Ruko Pondok Gede Indah
Jl. Raya Pondok Gede No.18D
Jakarta Timur
Phone: +62 21 8779 2222, 8411421
Fax: +62 21 8411421

WORKSHOP
Jl. Mekar Makmur No. 38 A
Komplek Istana Mekar Wangi
Bandung 40227 Jawa Barat
Phone: +62 22 5233233, 5211972
Fax: +62 22 5211972

 

Newsletters

Subscribe and get the latest updates, news, and more...